Rabu, 20 Agustus 2014

Perkembangan Teknologi

Modernitas dan teknologi dipahami sebagai entitas yang berjalan linear. Teknologi yang makin canggih adalah tanda modernitas juga berkembang. Karena itu negara-negara yang tampil di garda depan kemajuan teknologi adalah negara-negara yang sekaligus jadi kiblat modernitas dan referensi bagi negara kedua dan ketiga (berkembang).
Teknologi informasi ini berpotensi menciptakan ruang publik teknologi. Ruang publik itu menjelma ruang sosial maya; subjek yang terlibat komunikasi tidak bertemu secara fisik. Subjek pengguna teknologi hadir di ruang global yang menembus batas geografis, kultural, agama, suku, dan entitas lain yang sulit ditemukan dalam ruang publik konvensional.
Dia era digital ini penggunaan internet telah merasuk ke hampir semua aspek kehidupan, manusai baik sosial, ekonomi, hiburan, maupun pendidikan. Orang dengan mudah mengetahui berita paling aktual hanya dengan mengeklik situs berita di web.
Selain menghemat tenaga dalam mencari, materi di internet cenderung lebih mutakhir. Internet yang tak mengenal batas geografis juga menjadikannya sebagai sarana ideal penyebaran informasi (Sutanta 2005: 540).
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dasawarsa terakhir telah membuahkan perubahan besar pada industri komunikasi yang memungkinkan terjadi konvergensi media dengan menggabungkan media massa konvensional dan teknologi komunikasi. Itu dapat terlihat dari media cetak besar di Indonesia yang memanfaatkan teknologi komunikasi dengan membuat portal berita online.
Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.

Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
Kita dapat mencari informasi dengan mudah dan cepat menggunakan internet. Seperti mencari lowongan kerja, mencari bahan buat belajar, mencari materi kuliah, dan lain sebagainya. Sekarang sudah banyak situs – situs yang memberikan informasi secara cepat seperti, berita politik, olahraga, teknologi, bisnis, hiburan, dan masih banyak yang disampaikan.
Situs – situs tersebut adalah detiknews, vivanews, antaranews, kompas dan masih banyak lagi situs lainnya yang siap memberikan informasi kepada anda setiap saat dengan cepat.
Berita media cetak mungkin suatu saat pasti akan punah karena adanya berita media online yang lebih cepat mengakses informasi. Ada kelebihan dan kekurangan dari media cetak dan media online.
Kelebihan dan kelekurangan media tersebut adalah :
1. Media cetak
Kelebihan :
· Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya
· Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan :
· Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
· Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
· Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
· Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
2. Media online
Kelbihan :
· Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
· Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
· Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
Kekurangan :
· Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
Dilihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki kedua media di atas, media online mempunyai keunggulan dalam segi kecepatan. Kecepatan tersebut dapat mengalahkan media lainnya karena audiens sekarang lebih mengutamakan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi, dan hal itu dimiliki oleh media online.
Melihat hal ini, prospek media online akan sangat unggul dan dapat mengalahkan media lainnya. Apalagi jika seluruh dunia dapat mengakses internet dengan mudah, otomatis media online akan lebih sering digunakan audiens dibanding kedua jenis media lainnya.

Sumber: http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/03/22/warta-berita-era-digital-349556.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar